Slider

Kenapa aku memilih untuk sekolah diluar negri?

Saturday, February 4, 2017

Halo, semuanya!

Akhirnya, setelah sekian lama nggak ngeblog akhirnya ada waktu buat ngeblog lagi! Berbulan-bulan udah banyak banget produk yg mau direview, sampe di draft pun udah ada 18 bahan review yang nganggur.. apa daya, nasib mahasiswi ya begini lah.. sama tugas aja kejar-kejar an deadline, jadi susah deh mau cari waktu buat enjoy dan melakukan hal yg disenangi! :( (yak malah jadi curhat si doi.)

Anyway, kali ini aku pengen bahas hal yg nggak biasa nih. Yup, aku mau bahas tentang kenapa aku memilih untuk melanjutkan sekolah sangat jauh, ke negeri paman Sam, yang bisa dibilang juga merampok uang orangtua karena biaya yg cukup mahal, diusia yg termasuk sangat belia.

Pertama, aku mau cerita dulu tentang my personal background kenapa aku mau sekolah diluar negri. Sebelum aku pergi kesini, aku bersekolah disekolah International dan memakai kurikulum dari UK. Menurutku secara pribadi, aku sudah disiapkan untuk bersekolah diluar negri. Kenapa? Karena aku sudah terbiasa berbahasa Inggris, semua pelajaranku memakai bahasa Inggris, aku harus berbicara dalam bahasa Inggris di sekolah at all times, dan guru-guru ku juga dari luar negri. So, menurutku bahasa nggak akan jadi barrierku nanti kalau aku keluar negri. Kedua, sekolahku juga memakai system ujian dari UK untuk kelulusan kelas 12. Nama ujiannya A levels, dan ujian ini diterima banyak negara sebagai requirements mereka untuk enter their universities contohnya negara seperti Amerika, Inggris, Singapur, etc. Jadi menurutku kalau aku mau sekolah keluar negri aku nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga lebih untuk masuk ke uni nya, karena aku cukup mengikuti ujiannya disekolahku dan mengirimkan hasilnya dan juga document lainnya ke universitas yg aku mau untuk mendaftar masuk. So, menurutku kuliah diluar negri 'jalan'nya menjadi lebih gampang ketimbang kuliah dinegri sendiri. Ohiya, aku bisa bilang begini karena since sekolahku nggak pakai kurikulum nasional, aku harus belajar pelajaran kurikulum nasional sejak kelas 11 untuk mempersiapkan murid yang mau UN dan juga masuk uni disini. Aku harus belajar 7 pelajaran kurikulum UK, ditambah lagi 3 pelajaran pilihan kurikulum nasional yang belajarnya hanya seminggu sekali! Bayangin aja, gimana caranya kita semua bisa lolos UN dengan nilai bagus dan lolos sbmptn, snmptn kalau begini caranya? Bener - bener harus extra effort deh! Belajarnya pun menurutku kurang serius, kita pun nggak ada test nya. Jadi cuma sekedar belajar kayak bimbel aja, so nilainya pun nggak masuk rapot.. jadi banyak juga murid yg meremehkan dan ujungnya nggak belajar sama sekali.


Well, that pretty much sums up my personal background sih. Simple ya? hahaha :D

Next, aku akan memberikan 3 major reasons of why you should consider of studying abroad.

First of all, menurutku hal terpenting dari bersekolah diluar negri adalah pengalamannya yg belum tentu bisa didapatkan dinegri sendiri. Banyak banget loh pengalamannya! Since lingkungannya juga 180 drajat beda dari negara sendiri. Kalian bisa berteman dengan orang - orang dari penjuru dunia, membuat koneksi, kalian bisa merasakan hidup di negri orang dan menjadi lebih mandiri (ini bener banget loh, karena harus melakukan semuanya betul - betul sendiri.) Kalian juga bisa pergi jalan - jalan ke tempat baru dan unik, pokoknya merasakan seru dan sekaligus stressnya tinggal dinegri orang. Seems fun and interesting, right? Dengan berinteraksi dengan society yg lebih diverse juga bisa membantu kita untuk berfikir lebih luas dan menambah wawasan, loh! :)

Second of all, system pendidikan yg berbeda. And by saying this, I'm not trying to say kalau uni disini itu nggak bagus yah. Karena uni dimana-mana pasti ada plus minusnya sendiri, kok! Dan menurutku semua itu balik ke diri kita sendiri kalau soal kesuksesan. Nggak penting mau lulusan mana, kalau kita betul - betul fokus dengan apa yg kita mau dan kita punya dedikasi, udah pasti kan kita bisa sukses? And, yang udah pasti sukses juga adalah subject yg luas, karena aku yakin setiap orang juga punya definisi sukses sendiri. Back to the topic, karena system pendidikan yg berbeda, mungkin system ini lebih cocok dengan kalian ataupun system ini bisa membantu kalian untuk menggali potensi kalian yg lularbiasa. Dan jujur aja, semangat belajar ku sendiri pun disini lebih tinggi. Kenapa? Ya karena udah sekolah jauh banget, disini nggak punya siapa - siapa, jauh dari keluarga dan teman - teman, ngerasain susah dan senengnya disini sendiri, ngehabisin uang orangtua juga banyak banget masa main - main, sih? Menurutku dengan berfikir seperti ini, bakal membuat kita yg sekolah diluar negri lebih semangat belajar dan serius. Dan juga kalau berbicara 'economically', untuk harga yg jauh lebih mahal, kalian pasti mengharapkan juga lingkungan dan system yg membantu kalian untuk menggapai mimpi, bukan? Jadi jangan di sia - siakan!

Third of all, kemandirian! Ini sangat krusial nih, karena menurutku dengan bersekolah diluar negri ini seseorang nggak akan gagal untuk mencapai kemandirian. Well, cerita sedikit nih, dulu waktu aku masih di Indonesia aku orang nya males banget! Kemana-mana pun nggak pernah mau naik kendaraan umum karena super males, dan naik kereta pun baru sekali seumur hidup itupun baru nyoba tahun lalu. Naik bus pun bisa dihitung, mungkin hanya 2 kali semasa masih di Indo. Tapi, sejak aku di Amerika, aku kemana - mana naik bus! Mau aku grocery shopping pun, bawa belanjaan banyak ditenteng - tenteng super ribet aku masih naik bus. Dari pengalaman ditinggal bus lah, nunggu bus udah lama taunya dihalte yg salah, atau mengejar - ngejar bus pun udah pernah deh. Sampai nangis karena udah capek banget terus ditinggalin bus juga pernah! hahaha. But trust me, by doing your own laundry, preping your own meal, cooking, cleaning your own room and toilet, organizing your wardrobe, and even having your own organized monthly spending itu worth it kok! Semua itu akan membuat kalian lebih mandiri, kalian juga lebih siap untuk menjadi dewasa dan menurutku, semua itu membantuku untuk have control over my life and it's such an amazing feeling.

So far, sama sekali nggak ada satupun moment yg aku sesali selama aku disini, mau susah ataupun senangnya. Walau awalnya memang penuh air mata sih! hahaha.. tapi semua itu mostly karena aku nggak kebiasa sih. Mulai dari harus masak sendiri dan harus mikir hari ini mau masak apa besok mau masak apa, dari belum bisa ngatur uang sampe pernah juga masih ada seminggu sampai dikirimin uang lagi, eh di account uang tinggal $5! Gila nggak? Yes. Emang gila. Waktu itu aku sampai stress juga mikirinnya. Dan menurutku ngatur uang itu hal yg tersulit untuk dilakukan sebagai murid yg sekolah diluar negri.. selain masalah masak sendiri, karena beneran susah loh, bener - bener harus mikir sebelum masak supaya makanannya cukup dan nggak kebuang.

Singkat cerita, akhirnya aku sekarang sudah tinggal di negri paman Sam! yeaayy! Walau nggak sesuai rencana sih, tadinya mau ke aussie.. malah ke US. Tadinya juga mau berangkat selesai SMA, eh malah berangkat kelas 11 hahaha.. jadi harus lanjutin SMA dulu disini. Puji Tuhan, akhir tahun kemaren aku lulus SMA! (tapi graduation celebration nya masih lama.. huhuhu :(). Sekarang aku melanjutkan pendidikan ku lagi di salah satu college di Washington, concentrating on Bioengineering.

Last but not least, sebenernya sekolah diluar negri menurutku lebih ke personal choice sih. Karena mau kuliah dimana pun juga pasti ada seru nya dan stressnya, systemnya juga ada plus minusnya. Yang penting, diri kita sendiri punya dedikasi untuk menggapai mimpi dan jalan untuk kesana pun pasti berbeda tiap orang. Karena menurutku, untuk memilih kampus dan memilih jurusan adalah salah satu keputusan yang paling berat dan juga mempunya impact yang besar kepada hidup kita in the long term. So, choose your decision carefully, guys!


"Life is all about making choices. Always do your best to make the right ones, and always do your best to learn from the wrong ones."-- The Good Vibe. 








11 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dear Deborah, aku sempat kepikiran buat ambil S2 diluar juga sebelum masuk semester 3 kemarin, tapi sejak Bapak Presiden yg Terhormat - Bapak Trump - terpilih, aku jadi mikir bolak-balik buat lanjut kuliah ke US :( Karena di TV hampir tiap hari selalu ada berita soal beliau dan kebijakan imigrasinya yg kontroversional :( Semoga aja kedepannya suasananya bisa meredam dan nggak menjadi halangan buat aku untuk sekolah di luar negeri seperti kamu ya :)

    Btw I've followed your blog, Dear! Salam kenal juga ya! ;)

    RISTRA || rischau.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Amiiiin! Tapi sebetulnya menurutku buat negara kita sih harusnya nggak ada masalah sih, mungkin media aja kadang yang suka lebay hahaha. Anyway, kalau nggak dapet ke US, ke Canada aja or Aussie juga kayaknya asik tuh hahaha dan mereka kan juga bahasa utamanya bahasa Inggris :D

    Thank you for following me back, kak Ristra! ^^

    ReplyDelete
  4. Wow agak merinding baca ini bayangin susah2 sendiri di negri orang, kalo baca post kamu sih aku bayanginnya jauh lebih susah ya daripada cm jadi anak kos yang masih di negri sendiri :")


    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tapi lama - lama kebiasa kok, malahan lebih enak jadi mandiri :) Dan menurutku jadi anak kos dinegri sendiri juga banyak rintangannya sih apalagi kalau inget kakakku yg kuliah di UB Malang, astagaa.. ribet juga hidupnya. Mau mandi harus ngantri panjang, terus karna ditempat kos nggak bisa cuci baju sendiri jadinya harus laundry diluar, kalau mau makan juga harus beli diluar terus jadi susah hahaha

      Delete
  5. Hiii Debora semangat yaa kuliahnya, walau banyak halang rintang pasti kamu bisa ngelewatinnya. No pain no gain kan, semangattt, XOXO


    www.blissandglaze.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. entah kenapa baca post mu ini aku jadi semangat kuliah. thanks Debora :*


    www.depruttt.com

    ReplyDelete
  7. Hi Deborahhh! I feel you! Hahah kuliah di negri orang emang nga gampang, apalagi in my case, aku kuliah di negri yang orangnya jarang banget bisa bahasa inggris hahah kuliahpun pake bahasa lokal~ Dan soal ngurus keungangan, bener banget !! Kadang ada masa di mana bosen sama masakan sendiri tapi kalo makan di luar terus dompet tak sanggup itu galaunya haha But on top of everything, kuliah di luar itu bukan cuma penting soal GPA, tapi lebih ke pengalamannya sih menurut aku ^^ Semangat ya!

    Love,
    Violet Brush

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Natasha! Oalaah.. kuliah dikorea harus pake bahasa korea juga ya, kak? keren dong!! bisa ngomong sama oppa oppa yg unyu gituuu hahahaha xD anyway, masalah financial itu emang gila sih kak kalo urusan makan diluar. sekali makan diluar sih sebenernya nggak berasa ya, tapi ngga sadar aja taunya udah ngabisin duit kebanyakan cuma buat makan huhu :( dan aku juga setuju banget klo kuliah diluar itu pengalamannya penting banget, dan menurut aku juga pengalaman itu lah yg membuat kuliahnya jadi mahall haha thank you kak! good luck juga di korea! :)

      Delete

CopyRight © | Theme Designed By Hello Manhattan